6 Penyebab Tarikan Gas Motor Terasa Berat

6 Penyebab Tarikan Gas Motor Terasa Berat

GESIQQ_LOUNGE – 6 Penyebab Gas motor berat bikin nggak nyaman Pernahkah kamu merasa tarikan gas motormu terasa berat? Masalah ini kerap di alami para biker. Namun gak perlu bingung sebab gas motor bisa terasa berat memang biasa terjadi. Kira-kira apa saja penyebab tarikan gas motor terasa beratm ya? Simak penjelasannya berikut ini!

6 Penyebab Tarikan Gas Motor Terasa Berat

Ada kerusakan pada busi

Busi memiliki jangka waktu pemakaian. Apabila busi motormu sudah lama di gunakan dan tidak pernah di periksa ke bengkel, bisa saja sudah rusak.

Busi yang rusak dampaknya pada sistem pengapian yang tidak akan bekerja secara maksimal dan menyebabkan tarikan gas motor menjadi berat.
Jadi, pastikan untuk menyervis motor secara rutin dan mengganti busi apabila sudah rusak.

Karburator kotor

Tidak hanya busi, karburator juga bisa menjadi salah satu penyebab tarikan gas motor menjadi berat.
Karburator yang kotor atau kemasukan air akan mengganggu kinerjanya ketika mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara karena terhalang oleh air dan kotoran tersebut.

Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan karburator yang kotor dan kemasukan air tersebut agar tarikan gas tidak berat.

Oli jarang diganti

Oli yang sudah lama di gunakan kinerjanya pasti akan berkurang. Itu sebabnya kamu perlu mengganti oli secara rutin tiap setelah menempuh jarak 3.000-5.000 km atau 1 hingga 2 bulan sekali.
Sebab jika oli tidak di ganti pelumasan mesin pun tidak akan maksimal. Akibatnya tarikan gas motor berat dan mesin jadi lebih cepat panas.

BACA JUGA : 5 Manfaat Rutin Melakukan Sit Up bagi Kesehatan

Oleh karena itu, gantilah oli secara rutin sesuai jangka waktu pemakaiannya agar mesin motor bisa bekerja secara optimal.

CDI rusak

CDI merupakan salah satu komponen motor yang berfungsi untuk menghubungkan sistem pengapian dengan performa mesin.

Ketika rusak, motor akan mengalami tarikan gas berat. Tidak hanya itu, rusak juga di tandai dengan motor yang sering mati mendadak.

Oleh karena itu segeralah ganti CDI yang sudah rusak agar menjaga sistem pengapian bekerja optimal.

Rantai atau v-belt rusak

Rantai dan v-belt yang berfungsi meneruskan tenaga mesin dari roda belakang juga berpengaruh pada tarikan gas motor. Apabila rusak, tentu kamu bisa mengalami tarikan gas motor berat. Jadi, pastikan untuk menjaga kedua komponen tersebut dan segera ganti ketika sudah rusak.

Kepala silinder kotor
6 Penyebab Tarikan Gas Motor Terasa Berat

Kotoran atau residu sisa pembakaran yang menempel pada kepala silinder juga menjadi salah satu penyebab tarikan gas motor menjadi berat. Tidak hanya itu, mesin motor pun akan menjadi lebih panas.

Oleh karena itu, bersihkan kepala silinder yang kotor tersebut agar performa mesin menjadi optimal. Kamu tentu butuh teknisi ahli untuk melakukannya, jadi bawa motormu ke bengkel resmi tepercaya.
Itulah penjelasan mengenai penyebab tarikan gas motor berat yang perlu kamu ketahui. Pastikan untuk melakukan perawatan motor secara rutin agar kinerja motormu tetap optimal.

SUMBER BERITA : GESITQQ