6 Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan, Manis dan Mengenyangkan

6 Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan, Manis dan Mengenyangkan

GESIT POKER LOUNGE – Manfaat ubi jalar ungu tak kalah bernutrisi dari ubi jalar lainnya. Warna ungunya yang menarik juga menjadi pikihan olahan makanan lezat seperti kue dan camilan.6 Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan, Manis dan Mengenyangkan

Manfaat ubi jalar ungu didapat dari nutrisinya yang melimpah. Umbi ini mereka sarat dengan vitamin, mineral, dan antioksidan, yang semuanya dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Anda bisa mendapatkan manfaat ubi jalar ungu dengan merebus atau menambahkannya pada olahan makanan lain.

Manfaat ubi jalar ungu bisa meningkatkan kualitas kesehatan secara keseluruhan. Berikut manfaat ubi jalar ungu yang berhasil Betgesit.org dari Healthline, Selasa (09/3/2021).

Kaya Antioksidan Pencegah Kanker

Ubi ungu kaya akan antioksidan, termasuk anthocyanin dan vitamin C.

Ubi ungu adalah sumber vitamin C, yang bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan hingga 35%, melindungi tubuh dari kerusakan sel oksidatif.

Antosianin dalam ubi ungu juga merupakan jenis antioksidan polifenol. Penelitian yang menjanjikan menunjukkan bahwa dua anthocyanin dalam ubi ungu – cyanidin dan peonidin – dapat mengurangi pertumbuhan beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar, paru-paru, dan prostat.

Manfaat Ubi Jalar Ungu

Stabilkan Gula Darah

Satu studi tabung mengamati bahwa ekstrak ubi ungu yang kaya flavonoid mengurangi stres oksidatif dan resistensi insulin dengan melindungi sel-sel penghasil insulin di hati. Penelitian lain melaporkan bahwa suplemen ubi ungu mengurangi tingkat penyerapan gula darah pada tikus dengan kadar tinggi, menghasilkan peningkatan kontrol gula darah.

Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. Ubi ungu memiliki efek menurunkan tekanan darah. Para peneliti percaya ini kemungkinan karena kandungan antioksidannya yang melimpah.

Penelitian tabung reaksi lain menunjukkan bahwa antioksidan dalam ubi ungu dapat mencegah konversi angiotensin 1 menjadi angiotensin 2, suatu senyawa yang bertanggung jawab atas peningkatan tekanan darah.

Manfaat Ubi Jalar Ungu

Meningkatkan Gejala Asma

Faktanya, mereka yang menderita asma hanya memenuhi sekitar 50% dari asupan vitamin A yang direkomendasikan setiap hari, rata-rata.

Selain itu, kejadian asma meningkat 12% pada mereka yang memiliki asupan vitamin C diet rendah. Ubi ungu adalah sumber antioksidan dan vitamin A dan C yang baik, membantu tubuh mencapai tingkat asupan harian untuk vitamin ini.

Tingkatkan Kesehatan Usus

Ubi ungu penuh karbohidrat kompleks dan sumber pati resisten yang baik, sejenis karbohidrat yang tahan terhadap pencernaan. Satu penelitian tabung menunjukkan bahwa pati resisten dari ubi ungu meningkatkan jumlah Bifidobacteria, sejenis bakteri usus yang menguntungkan, dalam simulasi lingkungan usus besar.

Bakteri ini memainkan peran penting dalam kesehatan usus, membantu pemecahan karbohidrat kompleks dan serat. Mereka bahkan dapat membantu mengurangi risiko kondisi tertentu, seperti kanker kolorektal, penyakit radang usus, dan sindrom iritasi usus besar. Bifidobacteria juga menghasilkan asam lemak sehat dan vitamin B.

Manfaat Ubi Jalar Ungu

Tingkatkan Fungsi Penglihatan

Ubi jalar ungu adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Rekomendasi harian untuk vitamin A adalah 600 hingga 900 mikrogram setara aktivitas retinol.

Studi-studi tabung juga menemukan bahwa anthocyanin pada ubi ungu dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan, yang mungkin signifikan bagi kesehatan mata secara keseluruhan.

Baca juga : 9 Penyebab Jerawat di Pipi yang Harus Dihindari, Perhatikan Kebersihan

GESIT POKER SITUS KARTU ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA