6 Manfaat kentang rebus untuk kesehatan melindungi jantung

6 Manfaat kentang rebus

6 Manfaat kentang rebus GESITPOKER Lounge – Kentang merupakan salah satu makanan yang paling banyak di konsumsi. Jika di olah dengan tepat, kentang bisa memberikan manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh, misalnya dengan cara merebus, mengukus, atau memegangnya.

Kentang mengandung berbagai nutrisi menyehatkan seperti serat, vitamin, hingga mineral. Karbohidrat adalah kandungan gizi utama di dalam kentang. Dalam sekitar 100 gram kentang rebus, sudah terdapat sekitar 20 gram karbohidrat.

Kentang juga mengandung serat, dalam 100 gram kentang rebus, terdapat kurang lebih 2 gram serat. Jumlah protein dalam kentang tidaklah banyak, hanya sekitar 2 gram dari 100 gram kentang rebus. Meski tidak terlalu tinggi, kandungan protein dalam kentang merupakan kualitas tinggi.

Kentang juga mengandung vitamin C, B6, kalium, folat, niacin, zat besi, mangan, fosfor, tembaga, dan magnesium. Semua itu di butuhkan oleh tubuh.

1. Mengontrol berat badan.

1. Mengontrol berat badan.
Mengontrol berat badan

Manfaat kentang paling umum yang banyak di ketahui orang adalah untuk diet. Mengonsumsi kentang rebus sebagai makanan pokok tidak akan mengakibatkan penambahan berat badan. Justru sebaliknya, kentang rebus bisa mengurangi berat badan.

Kentang rebus yang mampu mengurangi bobot badan adalah kentang yang di rebus tanpa di tambahkan garam, keju, ataupun mayones.

Kandungan serat dalam kentang bisa memberikan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Hal ini membuat kamu tidak ngemil terlalu banyak dan tetap memiliki energi cadangan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Melancarkan pencernaan.

2. Melancarkan pencernaan.
Melancarkan pencernaan

6 Manfaat kentang rebus Kandungan pati resisten pada kentang dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan. Saat masuk ke usus, pati resisten ini akan di makan oleh bakteri baik. Kemudian bakteri baik ini akan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Asam lemak rantai pendek ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Misalnya saja mengurangi risiko peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan mengurangi risiko kanker usus besar.

3. Menjaga kesehatan jantung.

3. Menjaga kesehatan jantung.
Menjaga kesehatan jantung

Kentang mengandung protein yang dapat membantu fungsi jantung dengan baik. Kandungan vitamin C dan B6 pada kentang juga mempu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya.

Vitamin B6 juga memiliki peranan penting dalam proses di dalam tubuh bernama proses metilasi.

4. Meningkatkan sistem saraf dan fungsi otak.

4. Meningkatkan sistem saraf dan fungsi otak.
Meningkatkan sistem saraf dan fungsi otak

Kandungan vitamin B6 dalam kentang sangat di butuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan neuron atau saraf. Di lansir dari merdeka.com, menurut University of Maryland Medical Center, vitamin B6 membantu menciptakan bahan kimia otak seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Kalium dalam kentang juga bisa mendorong pelebaran pembuluh darah dan membantu memastikan otak cukup mendapatkan darah.

5. Sebagai sumber energi.

5. Sebagai sumber energi.
Sebagai sumber energi

Kentang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh, hal ini di karenakan kandungan antioksidan. Kentang rebus juga mengandung vitamin B6 yang dapat berfungsi untuk memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Kedua kandungan ini merupakan bahan bakar utama sebagai sumber energi.

6. Bebas Gluten.

6. Bebas Gluten.
Bebas Gluten

Gluten merupakan jenis protein yang di temukan dalam biji-bijian, seperti biji gandum. Walaupun kentang bebas gluten, tidak semua resep makanan dari kentang benar-benar bebas gluten.

Beberapa hidangan kentang mengandung gluten seperti dalam saus, atau roti kentang. Jika kamu memiliki penyakit celiac atau sensitivitas gluten, pastikan terlebih dahulu untuk membaca daftar bahan lengkapnya.

BACA JUGA : Ini Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasa






GESITPOKER Situs Game Online Terpercaya Dan Terbesar di Asia