Langkah Sederhana untuk Mengurangi Polusi Udara di Kota

GESIT QQ Polusi udara masih menjadi masalah tersendiri di daerah perkotaan. Namun, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi polusi udara di kota. Tidak hanya melindungi diri sendiri, cara tersebut juga dapat melindungi orang lain dari bahaya polusi udara.

6 Langkah Sederhana untuk Mengurangi Polusi Udara di Kota - Alodokter

Cara Mengurangi Polusi Udara di Kota

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi polusi udara di kota, di antaranya:

1. Beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum

Asap dari kendaraan pribadi merupakan salah satu penyumbang utama kemacetan dan polusi udara di kota. Dengan beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum, pencemaran udara akibat asap kendaraan pun bisa di kurangi.

Sementara itu, jika perjalanan Anda memang membutuhkan kendaraan pribadi, pastikan mesin kendaraan dalam keadaan baik sebelum di gunakan. Untuk mengetahui kinerja mesin kendaraan, Anda bisa melakukan uji emisi di bengkel-bengkel terdekat.

2. Bersepeda dan berjalan kaki

atau berjalan kaki merupakan cara mudah yang bisa di lakukan saat ingin bepergian dalam jarak dekat. Selain tidak menghasilkan polusi, bersepeda dan berjalan kaki juga baik untuk kesehatan tubuh.

Meski demikian, Anda di sarankan untuk menghindari jalan raya atau jalan yang ramai dan padat saat berjalan kaki atau bersepeda guna menghindari paparan polusi asap kendaraan.POKER ONLINE

3. Tidak membakar sampah

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa membakar sampah dapat mengurangi masalah timbunan sampah. Padahal, kebiasaan buruk ini merupakan salah satu penyebab pencemaran udara.

Asap hasil pembakaran sampah berbahaya bagi kesehatan tubuh karena mengandung zat-zat beracun.

Paparan asap pembakaran sampah atau kabut asap dalam jangka panjang di ketahui dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti infeksi saluran penapasan, gangguan jantung dan paru-paru, PPOK, serta kanker.

4. Menghentikan kebiasaan merokok

Asap rokok merupakan salah satu sumber polusi udara yang tidak boleh di anggap sepele. Hampir sama dengan asap pembakaran sampah, asap rokok juga mengandung beragam jenis bahan kimia berbahaya yang dapat menimbulkan polusi udara.

Menghentikan kebiasaan merokok tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi polusi saja, tetapi juga baik untuk melindungi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda dari berbagai jenis penyakit yang di sebabkan oleh asap rokok, seperti penyakit jantung, asma, bronkitis, dan kanker.

5. Membatasi pemakaian listrik

Tenaga listrik di Indonesia kebanyakan masih di peroleh dari mesin pembangkit listrik yang menggunakan minyak atau batu bara, sehingga menciptakan banyak asap dan polusi.

Oleh karena itu, untuk mengurangi polusi udara di kota, Anda bisa membatasi pemakaian listrik guna mengurangi emisi pembangkit listrik penyebab pencemaran udara tersebut.

6. Memelihara lebih banyak tanaman

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengurangi polusi dengan cara memperbanyak tanaman di dalam rumah atau berkebun di sekitar rumah maupun melakukan urban farming. Tanaman akan melepaskan oksigen dan menarik karbon dioksida dari udara, sehingga udara di dalam rumah dan lingkungan sekitarnya menjadi lebih segar.

Anda dapat mencoba menanam beberapa jenis tanaman hias yang di ketahui mampu mengurangi polusi udara, seperti lidah mertua, karet kebo, palem bambu, dan spider plant.

Selain 6 cara di atas, masih ada banyak cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi polusi udara dari dalam rumah, di antaranya:6 Langkah Sederhana untuk Mengurangi Polusi Udara di Kota