6 Cara Menghilangkan Komedo yang Terbukti Efektif

6 Cara Menghilangkan Komedo yang Terbukti Efektif

6 Cara Menghilangkan Komedo yang Terbukti Efektif
Ilustrasi Cara Menghilangkan Komedo, 6 Langkah Efektif untuk Membuat Kulit AntiKomedo. Foto: Pexels

Penasaran bagaimana cara menghilangkan komedo dengan cepat? Selain jerawat, komedo juga tak kalah menjadi musuh bebuyutan para wanita, ya. Meskipun tidak seterlihat jerawat, kita tetap dapat menyadari keberadaannya dan menjadi kurang percaya diri. Bahkan, sebagian orang rela berkunjung ke klinik dermatologi untuk dapat mengatasi masalah komedo.Meskipun tidak ada resep yang sepenuhnya tepat untuk mengatasi komedo, namun, ada beberapa langkah efektif yang bisa kamu coba untuk menghilangkan komedo.

Dilansir dari Byrdie, berikut cara menghilangkan komedo dengan 6 langkah efektif untuk membuat kulit antikomedo:

1. Menggunakan antioksidan untuk mencegah komedo

Menurut Renée Rouleau, celebrity esthetician, komedo merupakan pori-pori kulit yang besar dan mengadung sebum atau minyak yang telah teroksidasi akibat udara sehingga berubah menjadi warna abu gelap. Otomatis, produk perawatan kulit dengan antioksidan dapat membantu mencegah pembentukan komedo.Selain memproduksi kolagen, antioksidan pada produk perawatan kulit ini juga bakal menghambat pengeluaran radikal bebas dan mencegah minyak kulit agar tidak mengalami proses oksidasi.

2. Menggunakan asam salisilat untuk membersihkan pori-pori

Menggunakan produk skincare dengan kandungan asam salisilat terbukti dapat membersihkan pori-pori kulit untuk mencegah komedo. Asam salisilat ini bekerja dengan menghilangkan sel kulit mati dan minyak berlebihan.

3. Mengecilkan pori-pori dengan retinoid

Mungkin saat ini belum ada produk yang dapat menghilangkan komedo sepenuhnya, tetapi kamu bisa gunakan retinoid untuk menangani masalah jerawat yang parah bersamaan dengan komedo.Rouleau menjelaskan bahwa retinoid bisa membantu mengencangkan pori-pori kulit agar komedo tidak tampak terlalu jelas.

4. Jaga kebersihan pori-pori dengan face mask

6 Cara Menghilangkan Komedo yang Terbukti Efektif (1)
Ilustrasi Jaga kebersihan pori-pori dengan face mask Foto: Unsplash

Bagi kalian yang memiliki kulit berminyak, ada baiknya kalian menjaga kebersihan pori-pori kulit dengan face mask berbahan tanah liat. Kebanyakan face mask berbahan tanah liat ini berguna untuk mengeluarkan kotoran, minyak, dan radikal lainnya dari kulit. Tetapi, ada juga beberapa produk face mask yang bekerja untuk membersihkan pori-pori kulit. Face mask berbasis tanah liat, produk masker wajah dengan charcoal juga bisa membantu menghilangkan segala racun dan kotoran dari kulit.

5. Lakukan eksfoliasi kulit secara rutin

Beberapa macam asam seperti glikolat dan salisilat dapat membantu kamu melakukan eskfoliasi kulit secara rutin.Jenis asam salisilat dan semacamnya terbukti bisa menembus kulit lebih dalam serta menangani noda pada kulit berjerawat. Eksfoliasi kulit yang rutin tentunya dapat menghilangkan komedo dari kulit sekaligus mengurangi kelembapan pada kulit. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan sekali seminggu secara rutin.

6. Pakai produk non-comedogenic untuk mencegah pori-pori tertutup

6 Cara Menghilangkan Komedo yang Terbukti Efektif (2)
Ilustrasi Pakai SPF non-komedo untuk mencegah pori-pori yang tertutup. Foto: Pexels

Saat sel kulit mati bercampur dengan minyak kulit yang berlebihan, hal ini bakal menimbulkan komedo. Penting memilih produk skincare non-comedogenic untuk permakaian secara rutin, apalagi jika kamu sering menggunakan make up.