6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tegang

6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tegang

GesitQQLounge – 6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tegang Saat pikiran dipenuhi berbagai masalah atau pekerjaan yang terlalu menumpuk, tentu kamu pernah mengalami sakit kepala tegang. Sakit kepala tegang (Tension Headache) adalah jenis sakit kepala yang paling sering dijumpai.

Biasanya, pengidap sakit kepala jenis ini akan merasakan nyeri dan tekanan di bagian belakang kepala, kanan, dan kiri dahi, leher, dan belakang bola mata.

6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tegang

1.Memijat Pelipis dan Melakukan Peregangan Kecil

Saat sakit kepala tegang terjadi ketika bekerja, tentu akan mengganggu fokus kamu. Sebaiknya luangkan waktu beberapa menit untuk memijat area pelipis dan melakukan peregangan kecil, agar otot-otot kamu mengalami relaksasi dan kamu dapat kembali bekerja dengan tegang.

2.Istirahat di Ruangan Gelap dan Tenang

Beristirahat sambil menutup mata di ruangan yang gelap dan sunyi dapat membantu meredakan sakit kepala, karena umumnya sakit kepala peka terhadap cahaya dan suara. Di kegelapan, biarkan otot-otot yang tegang rileks dengan sendirinya.

3.Kompres dengan Air Panas atau Es Batu

Cara ini umum dan sering dilakukan orangtua kamu saat kecil dulu. Cara ini cukup berpengaruh. Coba saja gunakan kompresan air panas untuk merelaksasi area bahu dan leher. Cara ini dapat meredakan sakit kepalamu.

4.Minum Air Jahe

Minum air jahe dianjurkan untuk menghilangkan rasa nyeri pada bagian kepala. Tanaman herbal ini dapat kamu kombinasikan dengan bahan alami lainnya, biasanya dengan campuran madu, lemon, kayu manis, daun serai, dan buka pekak.

5.Minum Kopi Secukupnya

Mungkin terasa aneh, karena kadang-kadang kopi juga menyebabkan sakit kepala. Namun menurut para ahli, kandungan kafein dapat menenangkan sistem saraf yang tegang. Namun tidak dalam jumlah banyak, cukup satu gelas untuk meredakan sakit kepala.

6.Mengonsumsi Kentang Rebus

Menurut seorang ahli vitamin, dr. George Obikoya, kalium dapat menjadi pereda nyeri alami, termasuk sakit kepala. Kekurangan kalium dapat menyebabkan sakit kepala atau keluhan lainnya. Kentang mengandung kalium yang tinggi, sehingga baik untuk meredakan sakit kepalamu.

Baca Juga : Yang Perlu Diketahui Oleh Suami Istri Agar Hubungan Intim