5 Tips Mencegah Penyakit Polip Hidung, Jangan Tunggu Sampai Parah

5 Tips Mencegah Penyakit Polip Hidung, Jangan Tunggu Sampai Parah

5 Tips Mencegah Penyakit Polip Hidung, Jangan Tunggu Sampai Parah

GESITPOKER | Penyakit polip hidung bisa menyerang siapa saja dari berbagai kalangan. Polip merupakan pertumbunhan jaringan tidak normal yang bisa terjadi pada bagian tubuh. Jaringan yang tumbuh itu bisa berbentuk kelompok atau pun jaringan tunggal. Adapun polip hidung merupakan polip yang mengenai organ hidung, di mana terjadi pertumbuhan jaringan lunak di dalamnya. 5 Tips Mencegah Penyakit Polip Hidung, Jangan Tunggu Sampai Parah

Tidak heran jika penderita polip hidung merasakan hidungnya terasa tersumbat sampai sulit bernapas. Hal ini terjadi karena penderita polip hidung mengalami produksi lendir yang berlebihan dari hidung. Alhasil, karena ada penyakit polip hidung, fungsi indera penciuman seseorang menjadi menurun.

Beberapa faktor utama yang menyebabkan seseorang menderita penyakit polip hidung di antaranya karena adanya alergi jamur yang tersebar melalui udara. Tak hanya itu orang yang menderita asma juga rentan terkena polip hidung karena adanya penyempitan pada saluran udara.

Baca Juga : 7 Alasan Kenapa Konsumsi Gula Berlebih Tidak Baik untuk Kesehatanmu

Meski bukan kanker, namun jika dibiarkan begitu saja, penyakit polip hidung akan mengganggu penderitanya dan bisa membuat kondisi seseorang semakin parah, misalnya ukuran polip makin membesar dan akan mengganggu sistem pernapasan seseorang. Biar gak makin parah, berikut ini 5 tips mencegah penyakit polip hidung yang dapat kamu terapkan.

1. Mengonsumi makanan yang menyehatkan tubuh

Sistem imun pada tubuh yang lemah dan menurun menjadi gerbang utama penyebab seseorang bisa menderita polip hidung. Ini karena daya imunitas yang rendah membuat tubuh sulit menangkal penyakit yang berbahaya. Karena itu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan vitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang sehingga tubuh perlahan bisa menangkal penyakit seperti polip hidung. Kamu bisa mengonsumsi makanan seperti kacang almond, sayur bayam, semangka atau jamur.

2. Menjaga kelembapan ruangan

Polip hidung bisa datang menyerang seseorang jika ruangan tidak terjaga kelembapannya. Untuk mencegahnya, mungkin kamu bisa menggunakan bantuan alat untuk menjaga kelembapan ruangan di rumah yang disebut humidifier. Humidifier adalah alat yang yang umum dipakai untuk menjaga kelembapan ruangan. Alat ini juga efektif menangkal virus dan debu yang bisa memicu alergi.

3. Jangan malas cuci tangan

Ini penting dan sangat urgent bagi setiap orang, karena semua penyakit bermula dari tangan kita, kalau tangan tidak bersih berbagai penyakit bisa mengancam kita. Untuk itu mencegah polip hidung diawali dengan langkah menjaga kebersihan tangan. Gunakan sabun antiseptik tatkala mencuci tangan dan jangan lupa menggunakan air yang bersih. Ingat, saat kamu sedang menderita polip hidung, jangan biarkan tanganmu yang masih kotor menyentuh area kulit dan juga hidung ya. Ini bisa berbahaya dan bisa meninggalkan virus pada wajah dan hidung, bisa-bisa penyakit polip malah semakin meradang dan membuat kondisinya semakin parah.

4. Hindarilah sebab-sebab yang membuat hidung terserang alergi

Agar polip hidung yang kamu derita bisa cepat sembuh dan menghilang, sebaiknya hindari sebab-sebab yang menimbulkan alergi pada hidung. Ini karena alergi dapat memperparah kondisi polip. Misalnya kamu harus melindungi diri dari paparan debu, asap rokok, atau asap kendaraan dan juga bulu binatang yang dapat membuat hidungmu alergi.

5. Gunakan obat yang ampuh menyembuhkan polip hidung

Mengonsumsi obat juga menjadi salah satu ikhtiar untuk menghilangkan penyakit polip hidung. Misalnya dengan menggunakan obat yang mengandung kortikosteroid. Kandungan ini juga bagus untuk mengobati penyakit asma.

Adapun kortikosteroid merupakan obat yang di dalamnya terkandung hormon steroid, ini bagus untuk menambah hormon steroid di dalam tubuh serta bagus untuk meredakan peradangan. Ada beberapa cara memasukkan kandungan kortikosteroid ke dalam tubuh untuk menyembuhkan polip hidung, misalnya dengan media obat tetes, obat semprot, obat tablet untuk diminum, atau via suntikan yang di dalamnya mengandung kortikosteroid. Kandungan ini juga dapat mengurangi ukuran polip di hidung sehingga polip bisa semakin mengecil.