5 Sisi Positif dari Sikap Overthinking, Gak Selalu Buruk

5 Sisi Positif dari Sikap Overthinking, Gak Selalu Buruk, Kok!

GESIT POKER LOUGE – Sering kali sikap overthinking dianggap sebagai hal negatif yang akan merugikan diri sendiri. Gak heran, sih, sebab overthinking memang kerap menimbulkan kecemasan berlebihan kalau tidak dikelola dengan baik. Gak jarang orang akan mudah terjebak dalam pikiran negatifnya sendiri tanpa bisa melihat sisi positif di setiap situasi atau permasalahan.

Namun, jangan keburu mendiskreditkan orang yang punya kebiasaan overthinking dulu. Ternyata sikap overthinking juga gak selamanya buruk dan punya sisi positif juga, nih. Mau tahu apa saja? Keep reading!

1. Mampu melihat banyak hal dari berbagai sudut pandang 

5 Sisi Positif dari Sikap Overthinking, Gak Selalu Buruk, Kok!

Disadari atau tidak, orang yang overthinking sebenarnya justru sosok yang paling bisa melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang. Bawah sadar mereka terbiasa ‘mencari’ sumber kecemasan yang mungkin saja akan berdampak negatif bagi hidupnya dan orang-orang di sekitarnya.

Alhasil, kemungkinan-kemungkinan terburuk pun jadi terpantau jelas di mata mereka. Bukannya sengaja membuat diri sendiri cemas atau panik, mereka hanya memperluas cara berpikir atas situasi tertentu yang jarang disadari orang dalam waktu dekat.

2. Punya banyak waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan baik 

5 Sisi Positif dari Sikap Overthinking, Gak Selalu Buruk, Kok!

Biasanya orang yang overthinking justru akan punya banyak rencana untuk mengantisipasi perubahan keadaan. Mereka bahkan terbilang sudah siap dengan langkah konkret yang harus di ambil di situasi terburuk sekali pun. Step by step akan di pikirkan dengan matang dan dengan sangat baik.

Gak heran sih, di saat orang mencela, mereka justru punya waktu untuk bersiap. Namun, saat yang di khawatirkan tidak terjadi, mereka jadi orang pertama yang lega dan gak merasa sia-sia karena sudah memikirkan banyak rencana antisipasi.

3. Cenderung lebih memikirkan orang lain di banding diri sendiri 

5 Sisi Positif dari Sikap Overthinking, Gak Selalu Buruk, Kok!

Tipikal orang overthinking sebenarnya adalah sosok yang penuh perhatian pada orang lain. Hal ini di karenakan setiap kekhawatiran yang mereka rasakan kebanyakan justru berkaitan dengan orang-orang di sekitarnya, entah itu teman, keluarga, atau pasangan.

Bagi mereka, tidak ada yang lebih menggelisahkan hati di banding hal buruk yang mungkin akan di alami orang terdekat. Mungkin bagi orang lain sikap ini tampak berlebihan karena kelewat memikirkan orang lain di banding diri sendiri. Namun, bagi mereka ini justru bentuk totalitas dari perhatian yang tulus.

4. Terbiasa memperhatikan hal-hal kecil yang sering di anggap remeh oleh orang lain 

5 Sisi Positif dari Sikap Overthinking, Gak Selalu Buruk, Kok!

Di akui atau tidak, orang yang cenderung overthinking adalah pribadi yang memerhatikan detail. Hal yang biasanya terlewat atau di anggap remeh oleh orang lain, bisa terpikirkan oleh mereka. Hal ini juga merupakan bentuk kesigapan dalam berpikir, lho. Gak sekadar cepat tanggap, tapi juga penuh pertimbangan pada banyak hal penting yang terkesan sepele.

5. Gak gampang kaget saat di hadapkan dengan situasi di luar rencana 

5 Sisi Positif dari Sikap Overthinking, Gak Selalu Buruk, Kok!

Ada benarnya kalau orang overthinking di katakan gak gampang kaget pada perubahan situasi. Pasalnya, mereka sudah punya banyak dugaan yang berkecamuk di pikiran sampai memikirkan cara mengatasinya. Jadi, saat ada hal buruk, mereka akan lebih siap. Bahkan saat rencana untuk mengatasi hal buruk gagal, mereka masih punya cadangan rencana lain yang bisa di pakai sesuai situasi yang terjadi.

Gimana? Ternyata sikap overthinking gak selamanya buruk, bukan? Lewat kelima sisi positif tadi, kita jadi paham bahwa setiap hal akan selalu punya dua sisi yang berdampingan, tak terkecuali overthinking.

Situs Game Terpercaya : Pvk Game Online Indonesia