5 Pilihan Cara Mengobati Gondongan yang Manjur.

GesitPokerLounge 5 Pilihan Cara Mengobati Gondongan yang Manjur. Gondongan atau parotitis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. Virus yang menyebabkan gondongan biasanya menginfeksi kelenjar parotis (kelenjar ludah), sehingga kelenjar ludah membengkak. Gejala gondongan lainnya meliputi demam dan pipi bengkak, sakit kepala, serta rasa nyeri saat menelan, berbicara, mengunyah, atau minum air yang asam. 

1. Istirahat yang cukup

5 Pilihan Cara Mengobati Gondongan yang Manjur.
5 Pilihan Cara Mengobati Gondongan yang Manjur. Demi meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sekaligus menghentikan penyebaran virus, sebaiknya istirahat di rumah dulu dan hindari bepergian keluar rumah untuk sementara waktu.PokerOnline

2. Minum banyak air putih

5 Pilihan Cara Mengobati Gondongan yang Manjur.
Gondongan bisa membuat tenggorokan Anda sakit sehingga sulit untuk mengunyah dan menelan makanan ataupun minuman. Itu sebabnya, banyak orang yang kehilangan nafsu makan dan jadi malas mengonsumsi apapun, termasuk minum air.

3. Perhatikan sumber makanan Anda

5 Pilihan Cara Mengobati Gondongan yang Manjur.
Jangan sepelekan pemilihan makanan selama Anda sedang sedang mengobati gondongan. Nyatanya, pemilihan makanan yang tepat akan bantu menurunkan risiko komplikasi dari gondongan dan mempercepat proses penyembuhan. Jika makan makanan keras membuat Anda susah menelan dan akhirnya jadi tidak nafsu makan, coba makan makanan lain yang lebih lunak. Sup, yogurt, kentang rebus tumbuk, serta makanan lainnya yang tidak sulit dikunyah dan ditelan mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Sebisa mungkin hindari juga makan makanan asam, seperti buah jeruk, karena bisa memperbanyak produksi air liur.

4. Minum obat antinyeri

Antibiotik tidak menyembuhkan gondongan, tapi Anda masih dapat minum obat antinyeri untuk menghilangkan rasa sakit dan demam yang muncul akibat gondongan. Misalnya saja seperti paracetamol, ibuprofen, atau aspirin. Obat-obatan ini bisa dibeli bebas di warung atau toko obat dekat rumah. Jika Anda perlu jenis dan dosis yang lebih kuat, dokter dapat meresepkannya untuk Anda. Penting untuk lebih berhati-hati saat memberikan obat aspirin pada penderita gondongan yang masih anak-anak atau remaja. Pasalnya, penggunaan aspirin banyak dikaitkan dengan sindrom reye yang mengancam kesehatan anak.

5. Tempel kompres dingin pada leher yang bengkak

Cara mengobati gondongan lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengompres area leher yang membengkak dengan memakai kompres dingin. Selain berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, kompres dingin juga akan membantu untuk meredakan peradangan sekaligus memberikan rasa nyaman pada area leher yang sakit.