5 Manfaat Rutin Melakukan Meditasi untuk Kesehatan Mental Diri Sendiri

5 Manfaat Rutin Melakukan Meditasi untuk Kesehatan Mental Diri Sendiri

5 Manfaat Rutin Melakukan Meditasi untuk Kesehatan Mental Diri Sendiri

GESITPOKER | Sebagian besar dari kita sudah mengetahui dan memahami betapa pentingnya menjaga kesehatan mental diri sendiri. Tentu saja agar kehidupan kita bisa lebih bahagia dan mendukung kita untuk menjadi manusia yang lebih berdaya. 5 Manfaat Rutin Melakukan Meditasi untuk Kesehatan Mental Diri Sendiri

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mental diri sendiri. Salah satunya yaitu dengan rutin melakukan meditasi.

Meditasi mungkin bukan hal umum di masyarakat kita. Namun siapa yang menyangka bahwa banyak orang yang rela mengikutsertakan dirinya dalam berbagai latihan meditasi baik di dalam maupun luar negeri. Mereka mengikuti kelas dari berbagai ahli yang sudah terpercaya di bidangnya sampai berlatih menggunakan sebuah aplikasi yang memandu untuk bermeditasi.

Tapi sebenarnya apa sih manfaat dari rutin melakukan meditasi untuk diri kita sendiri?

1. Lebih mengenali diri sendiri

Meditasi adalah suatu cara yang dilakukan manusia untuk lebih mengenali diri sendiri. Kenapa bisa begitu? Meditasi akan membantu siapapun untuk berfokus pada apa yang dipikirkan, apa yang dirasakan, dan apa yang ada di dalam benak kita sendiri.

Aktivitas yang lebih banyak diam dan melakukan sedikit gerakan dengan panduan dari ahlinya membuat siapapun menjadi lebih mudah untuk masuk dan mengenali bagaimana diri mereka sebenarnya.

Baca Juga : 7 Manfaat Persahabatan untuk Kesehatan Kamu

Tentu saja hal ini tidak bisa serta merta dirasakan hasilnya. Dibutuhkan komitmen serta latihan yang rutin sekalipun dirasa tidak lagi membutuhkannya.

Meditasi bukan sekadar obat bagi siapapun yang merasa mengalami gangguan mental, namun juga sebagai media untuk meningkatkan motivasi serta rasa percaya diri di hati siapa saja yang menjalaninya.

2. Mengurangi stres hingga derpesi

Aktivitas yang padat cukup membuat kita merasakan berbagai tekanan hingga depresi yang bisa jadi sulit untuk dikendalikan oleh diri sendiri. Dibutuhkan bantuan oleh ahlinya jika kondisi pikiran dan mental kita pun sudah benar-benar mengkhawatirkan.

Namun nyatanya stres dan depresi bisa dicegah sedini mungkin. Tentu saja dengan lebih mengenali bagaimana diri kita dan apa yang kita alami. Semakin kita mengenal, semakin kita memahami apa yang dibutuhkan saat kita dalam situasi yang menekan hati dan pikiran kita.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan bermeditasi. Bukan hanya mengenali bagaimana tubuh dan pikiran kita, tapi juga memahami apa yang dibutuhkan diri saat sedang berada dalam keadaan yang cukup menekan pikiran dan batin kita.

3. Memanfaatkan waktu untuk aktivitas yang lebih produktif

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengusir penat ataupun bosan setelah beraktivitas. Namun tidak banyak orang yang mampu mengenali dan memanfaatkan waktu dengan maksimal untuk diri mereka sendiri. Salah satunya bisa dengan berolahraga ataupun melakukan meditasi di sela-sela kesibukan hariannya.

Siapa bilang meditasi membutuhkan waktu yang panjang dan tempat yang benar-benar harus jauh dari banyak orang? Bahkan kini berkat kecanggihan teknologi muncul berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk memandu kita dalam melakukan meditasi.

4. Meningkatkan produktivitas

Selain membantu kita untuk lebih mengenali pikiran dan perasaan diri sendiri, meditasi juga membantu kita untuk memahami potensi yang kita miliki. Melalui potensi inilah kita menjadi lebih mudah fokus pada pekerjaan atau aktivitas lainnya.

Bahkan meditasi sebelum beraktivitas juga menjadi salah satu bentuk dukungan untuk bekerja lebih giat. Bagaimana tidak, kita terlebih dulu dikenalkan dengan potensi dalam diri, diingatkan dengan semua tujuan, hingga diri kita pun yakin bahwa kita mampu melakukan apa yang sudah siap di depan mata.

5. Meditasi juga membantu menjaga kesehatan fisik

Bagi siapapun yang pernah mengenal dan melakukan meditasi pasti tahu bahwa dalam meditasi pernapasan adalah hal yang utama. Mengatur napas, mengenali pola pernapasan, hingga membiarkan napas dan pikiran menyatu dalam tubuh kita.

Saat tubuh kita lelah, yang dibutuhkan bukan hanya beristirahat, tapi juga mengenali bagaimana anggota tubuh membutuhkan sesuatu untuk mendongkrak semangat mereka kembali.

Meditasi adalah salah satu yang bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin sehat baik secara fisik maupun batin. Meditasi juga sering dilakukan di ruang terbuka untuk mencari udara segar hingga menemukan ketenangan diri.

Bahkan meditasi juga membantu kita untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Sebab dari hati dan pikiran yang tenang, tubuh pun akan memberikan dukungan untuk melindungi dirinya dari berbagai gangguan.

Meditasi memiliki beragam manfaat untuk mendukung kesehatan tubuh. Sempatkan waktu beberapa menit dalam sehari untuk melakukan meditasi agar kamu sehat secara fisik dan mental.