5 Fakta Menarik Tentang Suku Nias,simak di bawah ini

GesitPokerLounge – 5 Fakta Menarik Tentang Suku Nias Ya’ahowu Komunitas Nias Selatan Berikut ini adalah 5 Fakta Menarik Tentang Suku Nias yang terdiri dari Sejarah, Tradisi dan Budaya Suku Nias di Pulau Nias.

1. Hombo Batu; Atau yang biasa disebut Lompat Batu.

5 Fakta Menarik Tentang Suku Nias
Fakta yang pertama, yang tentunya sudah tidak asing lagi yaitu Tradisi Lompat Batu atau biasa disebut Hombo Batu” oleh masyarakat Suku Nias. Tradisi ini bisa ditemukan antara lain di Desa Bawomataluo Kabupaten Nias Selatan. Tradisi ini sudah ada sejak dahulu kala di masa para leluhur, dijadikan sebagai ajang uji mental & fisik bagi setiap pemuda suku nias. Adapun Batu yang di lompati tersebut merupakan batu-batu besar dan disusun layaknya piramida dengan tinggi 2 (dua) meter, lebar 90 (sembilan puluh) sentimeter dan panjang 60 (enam puluh) sentimeter dengan permukaan atas yang datar dan terdapat batu penopang berukuran kecil sebagai pijakan kuda-kuda untuk melompat ke batu yang besar. PokerOnline

2. Kontsruksi dan Tehnik Bangunan/Rumah Adat/Tradisional Suku Nias Yang Ramah Lingkungan.

5 Fakta Menarik Tentang Suku Nias
Dimana Konstruksi Dan Tehnik pembuatannya sangat ramah lingkungan. Faktor masuknya penerangan yang berasal dari cahaya alam dengan posisi jendela berada diatas atap. Keberadaan kisi-kisi jendela serta ruang pada bagian atap yang luas memaksa sirkulasi udara masuk kedalam rumah sehingga menciptakan suhu yang sejuk di dalam rumah. Dan beberapa konstruksi serta tehnik lainnya yang justru memiliki perbedaan dan kelebihan tersendiri dari tiga bagian wilayah tengah, utara dan selatan di Pulau Nias.

3. Li Niha; Atau Bahasa Nias.

5 Fakta Menarik Tentang Suku Nias
Fakta berikutnya adalah tentang Bahasa Nias atau disebut Li Niha. Meskipun bahasa Nias masih belum diketahui persis asal-usulnya, namun keunikan pada bahasa ini disetiap akhir kalimat atau kata, memiliki akhiran huruf vokal atau huruf hidup. Bahasa Nias mengenal enam huruf vokal, yaitu a,i,u,e,o, ditambah dengan huruf ö (baca: “e”nam)

4. Konstruksi Bangunan Rumah Adat Nias Dibangun Tanpa Paku dan Tali.

Omo Sebua adalah jenis rumah adat atau rumah tradisional dari Pulau NiasSumatera Utara. Omo sebua adalah rumah yang khusus dibangun untuk kepala adat desa dengan tiang-tiang besar dari kayu besi dan atap yang tinggi. Omo sebua didesain secara khusus untuk melindungi penghuninya daripada serangan pada saat terjadinya perang suku pada zaman dahulu. Akses masuk ke rumah hanyalah tangga kecil yang dilengkapi pintu jebakan. Bentuk atap rumah yang sangat curam dapat mencapai tinggi 16 meter. Selain digunakan untuk berlindung dari serangan musuh, omo sebua pun diketahui tahan terhadap goncangan gempa bumi.

5. Leluhur Sulu Nias

Sebagai catatan bahwa 5 Fakta yang dituliskan diatas hanyalah sekelumit kecil dari fakta menarik lainnya tentang Suku Nias. Tidak dapat dipungkiri bahwa Sejarah, Tradisi dan Budaya Nias memiliki ragam yang sangat banyak dan layak untuk dipelajari baik oleh masyarakat nias sendiri maupun masyarakat luar.