5 Alasan Kenapa Jadi Orang Baperan Itu Melelahkan Jiwa Raga

5 Alasan Kenapa Jadi Orang Baperan Itu Melelahkan Jiwa Raga 5 Alasan Kenapa Jadi Orang Baperan Itu Melelahkan Jiwa Raga

WWWGESITQQPASTIMENANG Di zaman modern ini, pasti kamu sudah gak asing lagi dengan istilah baper’ atau bawa perasaan. Istilah ini sering kali disebut-sebut para millenials zaman now untuk mengungkapkan suatu kondisi seseorang yang sedang merasa sedih, galau, gundah dan gulana.

Memang diakui, semua orang tentu pernah mengalaminya. Meski begitu, kamu jangan sampai larut dan tenggelam pada rasa baper secara berlebihan. Karena terlalu perasa alias mudah baper bisa menyulitkanmu dalam banyak hal sekaligus dapat menguras banyak energimu.

Maka dari itu, kamu harus biasakan diri untuk gak selalu melibatkan perasaan dalam menjalani hidup ini. Berikut ini 5 dampak negatif yang akan terjadi jika kamu masih belum bisa mengendalikan diri terhadap perasaanmu.

1. Kamu jadi gak bisa menikmati setiap detik dalam hidupmu sehingga kamu menjadi gak bahagia

Karena setiap detik dan menitmu hanya kamu pakai untuk memikirkan apa kata orang dan terus mengingat-ngingat segala luka yang pernah orang lain goreskan padamu, akhirnya kamu hanya akan larut pada perasaan sedih dan gak bahagia.

Kamu harus tahu bahwa hidup ini memang gak ada yang selalu berjalan indah sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jadi, jangan kamu tambah dengan menyiksa diri sendiri dengan menjadikan omongan orang lain sebagai landasan hidupmu. Sadarlah, sikap terlalu perasa bisa bikin kamu jadi gak bahagia dalam menjalani hidup.

2. Kamu hanya akan diliputi emosi dan prasangka negatif kepada orang lain

Seorang yang sensitif atau mudah sekali baper biasanya akan sulit untuk dapat berfikir positif pada orang lain. Yang ada kamu hanya akan selalu diliputi emosi yang negatif dan gampang untuk berburuk sangka pada orang lain. Jika kamu terus seperti ini dan gak berusaha mengubah diri, lama-lama kamu hanya akan merasa terpuruk dan larut pada rasa kesepian dan kesedihan berlarut-larut.

3. Lama-lama sifat baperanmu ini bisa bikin orang lain jadi gak betah dan gak nyaman saat sedang bersamamu

Seseorang yang terlalu sensitif dan gampang baperan bisa membuatmu jadi kehilangan banyak teman lho. Sebab orang lain tentu akan merasa gak nyaman jika berada di dekat seseorang yang selalu berpikiran negatif terhadap diri mereka.

Jadi, agar kalian bisa saling nyaman satu sama lain saat sedang kumpul bersama, kamu harus kurangi sifat perasamu kepada orang lain. Dan selalu tanamkan pikiran positif kepada siapapun.

4. Akhirnya kamu akan cenderung memilih mengasingkan diri dari keramaian karena gak ingin hatimu jadi terluka karenanya

Karena kamu terlalu perasa dan gak ingin mendapati hatimu terluka akhirnya kamu memilih untuk menghindari keramaian. Kamu merasa nyaman ketika gak sedang terlibat dengan banyak orang. Padahal ketika kamu memutuskan untuk lebih banyak menghabiskan waktu sendirian, kamu hanya akan semakin larut pada pikiran negatif. Dan lama-lama kamu akan merasa kesepian.

5. Sifat gampang bapermu ini bisa bikin jiwamu jadi lelah sendiri sehingga bisa berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental

Dan dampak negatif lain jika kamu terlalu larut pada emosi yang negatif bisa membuat kesehatanmu jadi terganggu.

Di saat kamu diliputi perasaan negatif, tentu kamu akan kurang memiliki gairah dan semangat dalam menjalani hidup ini. Selain itu energimu juga akan terkuras dan dapat membuat jiwamu jadi lelah dengan sendirinya sehingga bisa berdampak pada menurunnya sistem kekebalan tubuh dan menggangu kesehatanmu.

Kamu perlu tahu guys, hidup cuma satu kali. Jadi jangan selalu mengandalkan perasaan di setiap momen karena bakal bikin kamu jadi susah sendiri. Mulai sekarang lebih realistislah dalam melihat kehidupan.

Buatlah dirimu senyaman dan serileks mungkin. Dan ciptakanlah kebahagiaanmu sendiri dengan mulai membiasakan diri untuk selalu berpikir positif terhadap orang lain dan juga kehidupan, demi hidup yang lebih baik.