20 Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Ampuh dan Aman, Simak Langkahnya

20 Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Ampuh dan Aman, Simak Langkahnya

GESIT POKER LOUNGE – Cara mengatasi sakit gigi bisa dilakukan dengan berbagai macam bahan seperti obat, rempah-rempah, tanaman herbal, dan bahan alami lainnya. Sakit gigi ditandai dengan timbulnya rasa nyeri di gigi dan sensasi cenut-cenut.20 Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Ampuh dan Aman, Simak Langkahnya

Bukan cuma gigi berlubang penyebabnya. Sakit gigi umumnya menyerang gusi sampai tulang alveolar. Ada infeksi, karies, patah, sampai abses. Tapi

Tak hanya menghilangkan rasa nyeri dan cenut-cenut, tetapi sekaligus meredakan gejala yang menyertainya. Mulai dari deman sampai pening di kepala.

Jangan sungkan untuk konsultasi dengan dokter gigi juga, ya! Berikut Betgesit.org ulas cara mengatasi sakit gigi yang ampuh dan aman dari berbagai sumber, Senin (29/3/2021).

Tablet Antinyeri

Obat sakit gigi ini yang paling umum menjadi resep para dokter gigi. Cara mengatasi sakit gigi dengan obat ini bisa dengan mudah Anda beli di apotek atau toko obat.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Obat Kumur

Cara mengatasi sakit gigi dengan obat kumur cukup ampuh karena memiliki formula pereda nyeri.

Untuk mendapatkan obat ini bisa Anda dapatkan di apotek atau toko obat lainnya. Cara mengatasi sakit gigi cukup mudah, yaitu dengan berkumur sebanyak 1½ sendok makan selama 60 detik, 2-3 kali sehari.

Krim Antinyeri

Jenis obat ini memiliki efek samping yang minim. Adanya kandungan benzocaine sebesar 20% pada obat ini menjadikannya sebagai antiseptik yang mampu mencegah infeksi gigi.Dapat membantu mendinginkan bagian yang sakit.

Hidrogen Peroksida

Periodontitis adalah infeksi gusi serius yang umumnya terjadi akibat kebersihan mulut yang buruk. Ini dapat menyebabkan masalah seperti nyeri, gusi berdarah, dan gigi yang lepas di soketnya.

Cara mengatasi sakit gigi ini mudah, encerkan hidrogen peroksida food grade dengan air.

Gunakan larutan untuk berkumur, tapi jangan menelannya. Obat ini tidak cocok untuk anak-anak, karena ada risiko mereka menelan campuran secara tidak sengaja.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Merica

Cara mengatasi sakit gigi dengan merica adalah mencampur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang berlubang.

Serai

Cara mengatasi sakit gigi ini dengan merebus dua tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang. Kemudian gunakan untuk berkumur.

Jahe

Jahe memang rempah yang kaya manfaat. Tak hanya cocok untuk tingkatkan daya tahan tubuh.

Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut dan gigi. Cara mengatasi sakit gigi di mulai dengan parut 1 buah jahe dan peras airnya. Lalu gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Minyak Cengkeh

Cengkeh mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami.

Cara mengatasi sakit gigi dengan cengkeh, teteskan minyak cengkeh pada kapas yang bersih, kemudian tempelkan pada gigi dan gusi yang sakit.

Cuka Apel

Cara mengatasi sakit gigi ini juga mudah. Cukup larutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air. Lalu gunakan untuk berkumur. Kemudian terapkan pada bagian gigi yang berlubang dan nyeri.

Asam Jawa

Asam Jawa juga merupakan salah satu bahan alami yang cocok untuk obat sakit gigi alami. Mengatasi sakit gigi dengan asam Jawa adalah dengan menyangrai biji asam jawa. Jika sudah tempelkan pada gigi yang sakit.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bersifat antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Hal inilah yang membuat daun jambu biji efektif menghilangkan rasa sakit pada gigi berlubang dan redakan nyut-nyutan.

Cara mengatasi sakit gigi dengan daun jambu biji hanya dengan mengunyah jambu biji. Bisa juga dengan merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.

Daun Sirih

Daun sirih merupakan resep tradisional sejak zaman nenek moyang yang terbukti ampuh atasi gigi berlubang.

Daun sirih ini berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan sebagai antiseptik alami.

Bawang

Bawang merah dan bawang putih mengandung antiseptik alami. Antiseptik ini efektif membunuh kuman di mulut dan gigi. Hal inilah yang menjadikan bawang bisa untuk obat sakit gigi alami.

Cara mengatasi sakit gigi, yakni cukup tumbuk halus 1 siung bawang merah atau bawang putih. Kemudian tambahkan dengan sdt garam. Jika sudah, tempelkan pada gigi berlubang yang sakit. Pastikan ramuan ini tidak menyumpal pada gigi berlubang nantinya.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Garam

Sodium yang tinggi pada garam dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Garam menjadi antiseptik alami bau kesehatan mulut.

Cara mengatasi sakit gigi dengan garam, yakni masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut.

Jeruk

Asam dalam lemon dan jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, lemon dan jeruk nipis bersifat antibakteri.

Sifat ini sangat efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

Thyme

Cara mengatasi sakit gigi dengan thyme, teteskan minyak esensial thyme ke kapas, lalu oleskan ke daerah yang sakit. Selain itu, Anda juga bisa meneteskan minyak tersebut ke dalam segelas air untuk berkumur.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Es Batu

Tak ada yang menyangka ternyata es batu bisa bantu atasi gigi berlubang. Cara mengatasi sakit gigi dengan es batu sangat mudah. Hanya perlu mengompres bagian nyeri dengan es batu.

Hingga pada akhirnya bisa menghilangkan rasa nyerinya. Kompres paling tidak 15 menit hingga rasa sakitnya berkurang.

Lidah Buaya

Cara mengatasi sakit gigi dengan lidah buaya, oleskan sedikit pada daerah yang sakit, kemudian pijat dengan lembut.

Penelitian juga menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kualitas antibakteri alami dan dapat menghancurkan kuman yang menyebabkan kerusakan gigi.

Belimbing Wuluh

Rasa asam yang ada dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri. Antibakteri ini terbilang efektif dalam membasmi bakteri dalam mulutmu.

Cukup tumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Kantong Teh Peppermint

Memakai kantong teh peppermint efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan membuat gusi yang sensitif bisa semakin tenang. Cara mengatasi sakit gigi dengan papermint ini cukup dengan menempelkan.

Gunakan kantong teh bekas yang masih hangat ke daerah yang terasa sakit selama beberapa menit. Kemudian, lakukan hal tersebut sampai rasa sakit pada gigi mulai berkurang.

Baca juga : 12 Cara Diet Sehat dan Aman untuk Turunkan Berat Badan, Fokus pada Gaya Hidup

GESIT POKER SITUS KARTU ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA