17 Cara Mengobati Asam Urat yang Ampuh, Ubah Gaya Hidup dan Pakai Bahan Alami

17 Cara Mengobati Asam Urat yang Ampuh, Ubah Gaya Hidup dan Pakai Bahan Alami

GESIT POKER LOUNGE – Cara mengobati asam urat bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup dan konsumsi bahan alami. Penyakit yang ditandai dengan nyeri pada sendi yang muncul secara mendadak ini memang menjadi keluhan banyak orang.17 Cara Mengobati Asam Urat yang Ampuh, Ubah Gaya Hidup dan Pakai Bahan Alami

Asam urat adalah penyakit arthritis yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Hal ini terjadi karena tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih, atau tidak dapat membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat pun menumpuk di dalam tubuh.

Cara mengobati asam urat bisa kamu ketahui dengan mengenali berbagai penyebabnya. Beberapa gejala yang umum terjadi pada penderita asam urat adalah nyeri hebat pada persendian, radang dan kemerahan, sendi menjadi kaku, hingga adanya bejolan. Gejala asam urat ini paling sering terjadi pada sendi lutut hingga kaki.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/3/2021) tentang cara mengobati asam urat.

Makanan dan Minuman

Salah satu penyebab asam urat yang paling utama adalah konsumsi makanan yang memiliki kadar purin tinggi. Makanan purin ini seperti jeroan (hati, ampela, paru, usus), makanan laut (kepiting, kerang, udang, cumi) dan daging merah. Selain jenis makanan tersebut, minuman manis dan alkohol juga dapat menyebabkan peningkatan asam urat.

Obat-obatan

Penyebab asam urat selanjutnya adalah konsumsi obat tertentu.Proses penyembuhan cedera atau operasi, serta kondisi medis tertentu juga bisa jadi penyebab asam urat.

Kelebihan Berat Badan

Hal ini bisa membuat tubuh memproduksi lebih banyak asam urat, sehingga kadarnya dapat melonjak di dalam tubuh. Kondisi ini akan membuat ginjal kesulitan untuk membuang asam urat dari tubuh.

Riwayat Keluarga

Memiliki keluarga yang juga menderita penyakit asam urat juga bisa menjadi penyebab asam urat selanjutnya. Jika ada salah satu atau beberapa anggota keluarga memiliki masalah asam urat, maka risiko kamu mengalami masalah yang sama pun dapat meningkat.

Kondisi Medis Tertentu

Memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, sindrom metabolik, leukemia, anemia, sleep apnea, dan hipertensi juga bisa menjadi penyebab asam urat.

Cek Menu Harian

Cara mengobati asam urat yang pertama adalah dengan memerhatikan menu makanan sehari-hari. Menghindari makanan dan minuman yang tinggi purin (asam urat) seperti seafood, daging merah, makanan-makanan manis (mengandung gula), alkohol, dan jeroan merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan.

Hindari makanan seperti kue-kue manis, permen, minuman manis dan produk yang mengandung gula fruktosa tinggi. Selain itu, kurangi lemak jenuh dari daging merah, unggas yang berlemak, dan produk susu yang mengandung tinggi lemak.

Makan lebih banyak buah, sayuran, dan gandum utuh. Pilihlah sumber protein harian dari daging tanpa lemak, ikan, dan unggas sekitar 2-3 potong per hari.

Olahraga Teratur

Berolahragalah secara teratur dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit selama 5 hari dalam seminggu.

Menjaga Berat Badan

Orang yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki asam urat yang tinggi daripada orang yang memiliki berat badan normal. Jadi, cara mengobati asam urat juga perlu memerhatikan berat badan. Untuk menjaga berat badan, pilihlah sumber karbohidrat kompleks dalam diet.

Banyak Minum Air putih

Cara mengobati asam urat selanjutnya adalah dengan rajin minum air putih. Minum air minimal delapan gelas per hari akan membantu mengangkut zat gizi dan juga zat yang sudah tidak terpakai dalam tubuh.

Beberapa ahli percaya bahwa minum air putih akan ikut membantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk dalam tubuh.

Hindari Stres

Stres, kualitas tidur yang buruk, dan kurang olahraga bisa menyebabkan peradangan yang mampu meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Jahe

Jahe berperan sebagai zat anti peradangan yang mencegah terjadinya pembentukan kristal dan meredakan gejala asam urat yang terjadi.

Untuk topikal, rendam potongan atau parutan jahe dengan air mendidih. Rendam waslap dalam campuran air jahe. Untuk oral, kamu bisa mengonsumsi air rebusan jahe maksimal tiga gelas per hari.

Lemon

Dengan seimbangnya fungsi ginjal dan kadar pH, dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat. Cara menggunakannya cukup mudah, peras lemon dan campur dengan segelas air hangat. Lalu minum secara rutin di pagi hari.

Kunyit

Curcumin adalah bahan kimia yang paling aktif dalam kunyit. Zat ini memiliki kemampuan antiinflamasi yang kuat. Dengan menekan peradangan, curcumin dapat membantu mengurangi nyeri sendi seperti asam urat.

Teh Jelatang

Seduh 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering di dalam cangkir. Minumlah hingga 3 gelas per hari.

Kembang Sepatu

Herbal kembang sepatu ini juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida pada pra-diabetes dan penderita diabetes.

Cuka Sari Apel

Ini akan mengurangi jumlah asam urat dalam darah. Cobalah mencampur 1 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas penuh air putih dan minum sebelum tidur.

Biji Seledri

Biji seledri kaya akan asam lemak Omega-6 dan minyak diuretik lainnya. Sebagai diurektik yang kuat, ini membantu membersihkan sistem kelebihan cairan dengan merangsang ginjal untuk membuang asam urat. Daun seledri juga bisa menjadi diuretik yang baik.

Baca juga : Arti Ciuman Bibir

GESIT POKER SITUS KARTU ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA