16 Wisata Jawa Tengah Terpopuler yang Wajib Dikunjungi, dari Alam Hingga Budaya

16 Wisata Jawa Tengah Terpopuler yang Wajib Dikunjungi, dari Alam Hingga Budaya

GESIT POKER LOUNGE – Wisata Jawa Tengah bisa menjadi tujuan utama liburan seru. Destinasi yang ditawatkan provinsi yang dikenal sebagai jantung budaya Jawa ini beragam, mulai dari alam yang indah hingga budaya yang unik.16 Wisata Jawa Tengah Terpopuler yang Wajib Dikunjungi, dari Alam Hingga Budaya

Tempat wisata di Jawa Tengah ini tersebar di berbagai kota dan kabupaten yang cukup mudah dijangkau.

Wisata Jawa Tengah terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya. Provinsi Jawa Tengah merupakan alternatif yang sangat bagus sebagai destinasi liburan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/4/2021) tentang wisata Jawa Tengah.

Karimunjawa, Jepara

Karimunjawa merupakan destinasi bahari terkenal di Jawa Tengah. Di sini terdapat Taman Nasional Karimunjawa yang merupakan gugusan kepulauan berjumlah 22 pulau yang terletak di Laut Jawa.

Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias.

Wisata Jawa Tengah ini menawarkan pesona wisata laut yang amat indah. Hal ini yang membuat wisata Karimunjawa memiliki beberapa julukan dari masyarakat seperti Pulau Liburan, The Paradise of Java, dan Caribbean van Java.

Wisata Jawa Tengah Terpopuler

Candi Borobudur, Magelang

Borobudur merupakan ikon wisata Jawa Tengah yang mendunia. Candi peninggalan Dinasti Syailendra ini sudah dikenal keeksotisannya di mata dunia.

Kota Lama, Semarang

Wisata Kota Lama Semarang bisa menjadi pilihan destinasi wisata di ibu kota Jawa Tengah ini. Kawasan Kota Lama Semarang merupalkan pusat perdagangan pada abad 19-20.

Kota Lama kini menjadi destinasi wisata Jawa Tengah yang menarik. Kawasan seluas 31 hektare ini menjadi daya tarik wisatawan yang ingin menyusuri sejarah Semarang di masa kolonial.

Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Tempat wisata ini menawarkan pesona alam yang sukses bikin berdecak kagum.

Masing-masing tempat wisata tersebut memiliki legenda yang sangat menarik.

Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Wonosobo, berada di antara perbatasan kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo.

Wisata Jawa Tengah Terpopuler

Candi Prambanan, Klaten

Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta dan kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini merupakan destinasi yang populer setelah Borobudur.

Keraton Surakarta Hadiningrat, Surakarta

Pergi ke Jawa Tengah tak lengkap jika tidak menyusuri kebudayaan Jawanya.

Ketep Pass, Magelang

Di sini kamu bisa menikmati Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass.

Di Pelataran Panca Arga kamu bisa menyaksikan lima gunung (Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Merapi) menggunakan teropong.

Habiskan waktu libur akhir pekanmu ke Ketep Pass yang terletak di Jalan Blabak – Boyolali, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Wisata Jawa Tengah Terpopuler

Gunung Merbabu, Boyolali

Gunung Merbabu menjadi salah satu wisata Jawa Tengah favorit para pendaki, bahkan untuk pemula. Puncak tertingginya berada di ketinggian 3.142 mdpl, yakni Puncak Kenteng Songo.

Dengan begitu, kamu bisa menikmati suasana pegunungan sekaligus berfoto di berbagai area sabana.

Puri Maerokoco, Semarang

Tempat ini merupakan sebuah taman wisata yang memiliki semua rumah adat di Jawa Tengah. Di tiap rumah adat ini kamu bisa belajar masing-masing budaya yang ada di tiap aderah. Terdapat pula miniatur ikon Jawa Tengah seperti Candi Borobudur, Masjid Agung Demak, Masjid Mantingan, dan Masjid Menara Kudus.

Kawasan Wisata Baturaden, Banyumas

Tidak jauh dari situ, tepatnya di lereng gunung Slamet, tepatnya arah selatan, ada tempat wisata yang namanya Wana Wisata Baturaden. Wisata alam Jawa Tengah ini cocok buat kamu yang suka berkemah. Jarak tempat wisata ini dari Baturaden sekitar 2 kilometer saja.

Kawasan Wisata Baturaden di Banyumas ini menawarkan hutan alam berwarna hijau dengan hawa udara yang sejuk.

Wisata Jawa Tengah Terpopuler

Gua Petruk Kebumen

Gua Petruk merupakan wisata Jawa Tengah yang tak kalah terkenalnya. Gua yang terdapat di atas bukit kapur setinggi 75 meter ini berada di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Stalaktit tersebut akan menjatuhkan tetesan kapur.

Pantai Banyutowo, Wonogiri

Salah satu pantainya yang unik adalah Pantai Banyutowo. Air tawar yang bersumber dari air bawah tanah ini bermuara di tepi pantai.

Brown Canyon, Semarang

Wisata Jawa Tengah yang satu ini lokasinya di daerah Rowosari, Semarang.

Wisata Jawa Tengah Terpopuler

Sungai Progo Atas, Magelang

Tempat wisata ini memiliki aliran sungai mencapai 12 kilometer. Sungai Progo Atas merupakan lokasi arung jeram yang terkenal di Jawa Tengah.

Pantai Pulau Panjang, Jepara

Pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Pulau Panjang. Pulau Panjang ini memiliki pasir pantai putih dan laut dangkal dengan dasar terumbu karang. Untuk mencapai pantai ini kamu perlu naik kapal dari Pantai Kartini.

Buat kamu yang tertarik mengunjungi Pantai Pulau Panjang ini, bersiap untuk menikmati keindahan hutan bakau, pasir putih, dan trekking keliling pulau.

Wisata Jawa Tengah Terpopuler

Gunung Merapi, Boyolali

Jalur pendakian yang paling umum dan dekat adalah melalui sisi utara dari Sélo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Baca juga : 10 Manfaat Tauge Untuk Kesehatan & Tips Mengolahnya Agar Bernutrisi | Baik Untuk Kesuburan Pria!

GESIT POKER SITUS KARTU ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA