10 Manfaat Susu Kacang Kedelai, Alternatif Sehat Pengganti Susu Sapi

10 Manfaat Susu Kacang Kedelai, Alternatif Sehat Pengganti Susu Sapi

GESIT POKER LOUNGE – Manfaat susu kacang kedelai bisa menjadi alternatif susu sapi. Susu kedelai merupakan salah satu jenis susu nabati yang populer di masyarakat. Susu ini terbuat dari sari kedelai yang sangat tinggi protein.10 Manfaat Susu Kacang Kedelai, Alternatif Sehat Pengganti Susu Sapi

Bagi orang yang alergi atau intoleran terhadap susu sapi, manfaat susu kacang kedelai sangat cocok dikonsumsi.

Susu kedelai bisa dibuat sendiri di rumah. Dengan begitu manfaat susu kacang kedelai dapat dinikmati setiap hari.

Manfaat susu kacang kedelai juga umumnya memiliki umur simpan lebih lama dari susu hewani. Berikut 10 manfaat susu kedelai, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(22/4/2020).

Kaya protein

Susu kedelai merupakan sumber protein nabati yang tinggi. Setiap cangkir susu kedelai tanpa pemanis bisa mengandung 7 gram protein. Ini hampir setara dengan segelas susu sapi yang mengandung 8 gram protein.

Tubuh menyusun asam amino ini menjadi protein baru, termasuk antibodi penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, protein struktural yang menyatukan jaringan dan enzim yang membantu sel menghasilkan energi.

Manfaat Susu Kacang Kedelai

Tinggi kalsium dan zat besi

Manfaat susu kacang kedelai penting untuk membantu meningkatkan asupan kalsium dan zat besi. Tubuh mengandalkan kalsium dari makanan untuk mempertahankan jaringan tulang yang padat dan kuat. Satu cangkir susu kedelai tanpa pemanis mengandung 301 miligram kalsium.

Ini membantu memastikan bahwa semua jaringan di seluruh tubuh mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan.

Sumber vitamin B kompleks

Susu kedelai juga merupakan sumber riboflavin (vitamin B2) dan vitamin B12 yang baik. Mendapatkan cukup vitamin B12 dalam diet membantu sel-sel menghasilkan DNA, membantu fungsi sel darah merah dan juga menjaga kesehatan saraf. Sementara itu, riboflavin dalam susu kedelai membantu sel-sel menghasilkan energi dan melindungi DNA dari kerusakan.

Bebas laktosa

Ini dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk kembung, diare dan kram perut.

Manfaat Susu Kacang Kedelai

Lebih rendah kalori

Manfaat susu kacang kedelai sangat cocok bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Beberapa penelitian pada hewan dan manusia telah membuktikan bahwa konsumsi protein kedelai mengurangi berat badan dan massa lemak.

Cegah diabetes

Isoflavon kedelai dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan isoflavon, sel-sel merespons lebih banyak terhadap insulin dan menyerap lebih banyak glukosa.

Ini membuatnya beredar dan menyebabkan kerusakan. Insulin adalah hormon yang mengatur gula darah, atau glukosa, masuk ke dalam sel untuk dikonversi menjadi energi.

Bantu turunkan kolesterol

Protein kedelai dapat membantu menurunkan kadar LDL, atau kolesterol jahat. Kedelai membantu menyeimbangkan kadar kolesterol jahat tanpa memengaruhi kadar kolesterol baik atau kolesterol HDL.

Cegah penyakit jantung

Protein kedelai membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh yang pada jangka panjang dapat menurunkan kemungkinan penyakit jantung.

Manfaat Susu Kacang Kedelai

Sehatkan kulit

Manfaat susu kacang kedelai menunjukkan efek anti-inflamasi, merangsang kolagen, antioksidan, pencerah kulit, dan perlindungan UV pada kulit. Kacang kedelai mengandung bahan bioaktif seperti tanin, isoflavonoid, inhibitor trypsin, dan proanthocyanidins. Semua senyawa ini baik untuk kesehatan kulit.

Atasi gejala menopause

Isoflavon adalah kelas fitoestrogen yang bertindak seperti estrogen dalam tubuh.

Baca juga : 5 Manfaat Makan Buah Pisang

GESIT POKER SITUS KARTU ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA