10 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Aman dan Ampuh

10 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Aman dan Ampuh

GESIT POKER LOUNGE – Komedo adalah benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit, dan merupakan cikal bakal jerawat. Komedo biasanya muncul pada kulit wajah, tetapi dapat juga muncul di bagian tubuh lain, seperti bahu, dada, punggung, atau lengan.10 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Aman dan Ampuh

Komedo tidak menyebabkan rasa sakit, kecuali bila komedo mengalami infeksi. Infeksi itulah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan, bengkak, dan muncul jerawat

Komedo terbentuk akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan minyak (sebum). Bila permukaannya tertutup lapisan kulit, komedo tersebut dinamakan komedo putih, karena warnanya yang menyerupai warna kulit atau berwarna putih.

Berbeda dengan komedo putih yang tertutup, komedo yang permukaannya terbuka akan terpapar oleh udara sehingga berubah warna menjadi coklat atau kehitaman. Oleh karena itu, komedo terbuka disebut sebagai komedo hitam.

Komedo yang berwarna kecoklatan atau kehitaman bisa meninggalkan tampilan berupa bintik hitam yang mengganggu penampilan. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui cara menghilangkan komedo.

Ada beberapa cara menghilangkan komedo secara alami. Selain wajah akan terlihat lebih bersih, menghilang komedo juga bisa membantu menutrisi kulit. Hindari memencet lansung dalam cara menghilangkan komedo karena bisa menimbulkan iritasi.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan komedo secara alami, Anda juga harus mengetahui apa penyebab munculnya komedo. Berikut penyebab komedo dan cara menghilangkan komedo secara alami yang dirangkum oleh Betgesit.org dari berbagai sumber, Kamis (01/04/2021).

Rajin mencuci muka

Cara menghilangkan komedo yang pertama yaitu rajinlah mencuci muka. Pastikan rutin mencuci muka di pagi hari untuk menghilangkan kotoran atau bakteri yang mungkin menempel semalaman. Selain itu, mencuci muka sebelum tidur juga sangat penting dilakukan, hal ini guna membersihkan kotoran di wajah setelah beraktivitas.

Cara Menghilangkan Komedo

Oatmel

Cara menghilangkan komedo secara alami adalah menggunakan oatmel. Oat dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan bertindak sebagai pelembap alami. Mengeksofoliasi kulit dengan oatmeal menyerap semua kotoran yang bersarang di pori-pori kulit. Pengangkatan ini termasuk minyak berlebih, bakteri, dan kotoran di kulit.

Caranya dengan menghaluskan 1 sendok makan oatmeal hingga membentuk bubuk kasar. Tambahkan 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh madu, dan air mawar secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan masker ini di dagu dan hidung tempat berasarangnya komedo. Biarkan selama 10 menit kemudian gosokkan dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air hangat.

Kopi

Cara menghilangkan komedo secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan masker kopi. Bubuk kopi merupakan pengelupas yang bagus. Butiran kopi tidak larut dalam air, yang membuatnya cocok untuk mengangkat sel kulit mati. Campur dua sendok bubuk kopi hitam dengan minyak zaitun dan gula secukupnya sampai mengental seperti pasta. Aplikasikan ke dagu dan hidung dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati.

Putih Telur

Cara menghilangkan komedo secara alami yang lainnya yaitu menggunakan masker putih telur. Putih telur dapat menarik minyak dari pori-pori sambil mengencangkan kulit. Masker putih telur dengan sedikit lemon akan membantu menghilangkan komedo, sementara protein dalam putih telur membantu menyembuhkan dan menyehatkan kulit.

Selain dengan campuran lemon, Anda juga bisa menggunakan campuran putih telur dan madu sebagai peel-off mask. Campur kedua bahan hingga rata dalam mangkuk. Oleskan lapisan tebal di dagu dan hidung. Biarkan sampai kulit mulai mengencang. Bilas dengan air hangat. Lakukan setidaknya satu kali seminggu.

Cara Menghilangkan Komedo

Gula

Cara menghilangkan komedo secara alami berikutnya adalah menggunakan butiran gula. Butiran gula mengelupas kulit dan mengangkat sel kulit mati penyebab komedo. Campur 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok makan madu, dan beberapa tetes air lemon. Aplikasikan pada area berkomedo dengan gerakan melingkar. Berikut gosokan halus beberapa menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

Lidah Buaya

Bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan komedo adalah lidah buaya. Lidah buaya memiliki sifat pembersih kulit yang sangat baik yang membantu menghilangkan komedo. Lidah buaya juga mengandung zinc yang membantu mengencangkan pori-pori dan saponin yang membersihkan kulit. Semua sifat ini dapat membantu mencegah komedo. Caranya Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area yang rawan komedo. Biarkan semalaman dan bilas dengan air saat bangun.

Lemon

Bahan alami yang dapat menghilangkan komedo adalah lemon. Lemon kaya akan vitamin C atau asam askorbat yang menunjukkan sifat pelembap. Lemon juga meningkatkan sintesis kolagen yang membantu mengencangkan pori-pori. Campurkan masing-masing satu sendok teh jus lemon dan madu. Oleskan pada area berkomedo biarkan selama sekitar 15-20 menit sebelum dibilas.

Cara Menghilangkan Komedo

Kunyit

Bahan alami selanjutnya yang dapat menghilangkan komedo adalah kunyit. Bahan obat-obatan tradisional sekaligus bahan masakan ini juga ampuh untuk menghilangkan komedo. Sifat antimikroba dan penyembuhan kunyit akan membersihkan komedo dalam waktu singkat. Ini dapat membantu mengurangi munculnya komedo. Campur 1/2 sendok teh bubuk kunyit dengan madu hingga membentuk pasta kental. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian bilas.

Teh Hijau

Bahan alami berikutnya yang ampuh untuk menghilangkan komedo ialah teh hijau. Selain baik untuk tubuh, teh hija juga memiliki khasiat yang bagus untuk kecantikan. Teh hijau mengandung polifenol yang dapat membantu mengatur minyak pada kulit. Teh hijau bisa mencegah pori-pori kulit tersumbat. Ambil isi dari satu kantong teh. Rendam dengan air hangat, ambil teh lalu campur dengan gel lidah buaya. Oleskan pada area berkomedo, biarkan selama 10-15 menit lalu bersihkan.

Cara Menghilangkan Komedo

Tomat

Bahan alami yang ampuh untuk menhilangkan komedo adalah tomat. Tomat kaya akan vitamin C yang baik untuk tubuh. Tomat berperan sebagai antiseptik alami, astringent, dan antioksidan. Sifat asamnya bagus untuk mengusir komedo. Kupas dan haluskan satu buah tomat. Oleskan bubur tomat ke dagu dan hidung, tunggu sampai mengering. Kemudian bersihkan dengan air hangat.

Baca juga : Manfaat Banyak Teman Untuk Kesehatan Mental

GESIT POKER SITUS KARTU ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA